Sliding Door untuk Ruangan yang efesien

photo-1490386328565-53a61c79b28a

Konten

Pintu salah satu bagian terpenting dalam sebuah rumah karena merupakan akses keluar dan masuk ke dalam rumah. Pintu utama atau pintu depan akan mendapat perhatian lebih mengingat pintu tersebut berada di luar rumah dan menambah keselarasan antara desain, konsep rumah dengan pintu yang dipilih. Tapi lain hal jika pintu di dalam rumah yang tidak terlihat oleh banyak orang. 

Pintu memiliki beberapa jenis dan masing-masing jenis pintu memiliki kegunaannya sendiri. Ada yang digunakan di dalam ruangan (indoor) dan ada juga yang digunakan untuk luar ruangan (outdoor). Tetapi fungsi tetap sama yaitu untuk membedakan serta memberikan privasi ruangan. 

Style pintu saat ini

Seiring berjalannya waktu, trend berubah dan banyak inovasi yang bermunculan sejalan dengan kebutuhan yang diperlukan oleh para pemilik rumah. Pemilihan jenis pintu dapat disesuaikan dengan kegunaan pintu serta lahan yang di miliki oleh pemilik rumah. Berikut adalah pembagian jenis pintu ke dalam 4 jenis yaitu.

  • Pintu Sayap (Swing Door)

Banyak digunakan untuk rumah-rumah karena simple. Pintu dapat dibuka hingga mencapai sudut 90 derajat. Ada tipe tunggal dan ganda menyesuaikan dengan model pintu. 

  • Pintu Lipat (Folding Door)

Cara membuka pintu cukup di dorong dan melipat di kanan atau kiri pintu. 

  • Pintu Gulung (Rolling Door) 

Cara membuka pintu cukup di tarik bagian atas pintu. Lebih banyak digunakan pada area komersil seperti toko atau ruko. Bisa juga digunakan pada area garasi atau rumah. 

  • Pintu Geser (Sliding Door)

Cara membuka pintu yaitu cukup digeser saja secara horizontal ke kanan atau ke kiri. Pintu geser dapat menghemat ruang namun membutuhkan ruang ke samping untuk membukanya sehingga umumnya digunakan pada ruangan yang memanjang dan terbatas atau kecil.

Untuk sliding door atau pintu geser sendiri, saat ini menjadi alternatif pilihan pada hunian yang berada di lahan terbatas karena keunggulan yang di berikan pintu geser pada rumah yang tidak memiliki lahan luas. Dengan menggunakan pintu geser dapat membuat ilusi ruangan menjadi lebih besar dari ukurannya. 

Penggunaan pintu geser pada rumah

Penggunaan pintu geser umumnya digunakan pada dalam rumah untuk berbagai keperluan. Berikut area dalam rumah mana saja yang bisa menggunakan pintu geser ini. 

  • Ruang tamu 

Anda dapat menggunakan pintu geser di ruang tamu sebagai penyekat antara ruang tamu dan halaman belakang rumah. Dengan menggunakan pintu geser kaca, Anda dapat secara langsung menikmati pemandangan halaman belakang tanpa diganggu privasi di dalam rumah. Serta pencahayaan pada siang hari yang akan langsung masuk ke dalam rumah. 

  • Walk in closet

Pintu geser juga banyak digunakan di dalam walk in closet atau di ruang penyimpanan pakaian. Guna nya untuk menghemat tempat ketika akan membuka dan menutup lemari tersebut. Penggunaan pintu geser cermin menambah kesan luas pada ruangan dan menghemat tempat untuk penempatan cermin. 

  • Kamar mandi

Tidak jarang para desain interior memilih untuk menggunakan pintu geser di kamar mandi karena penggunaannya yang tidak ribet dan simple. Penggunaan pintu geser kaca buram adalah untuk menjaga privasi di dalam kamar mandi. 

  • Kamar Tidur

Penggunaan sliding door sering di temukan pada tipe apartemen one bed room atau studio. Dijadikan sebagai partisi antara kamar tidur dan ruang tamu atau dapur. 

  • Dapur

Dapur bersih dan dapur kotor biasanya adalah dua tempat berbeda namun berdekatan oleh karena itu sangat cocok untuk menggunakan pintu geser yang membedakan antara dapur bersih dan dapur kotor. 

  • Garasi

Pintu geser yang dapat di gunakan pada garasi adalah dengan sentuhan gaya industrial atau vintage karena kesan indsutrial – vintage yang sangat kuat 

Kelebihan Sliding Door

Penggunaan pintu geser ternyata ada manfaatnya loh! Kira-kira apa saja sih kelebihan dari pintu geser ini di banding jenis pintu yang lain? Berikut adalah kelebihan dari penggunaan pintu geser di rumah. 

  • Menghemat ruang

Jika pintu sayap harus di buka ke dalam ruangan, maka pintu geser akan menghemat ruang dalam suatu ruangan karena cara kerja ketika membuka hanya di geser ke samping saja. 

  • Multifungsi

Tak cuma menjadi pintu saja, tetapi juga bisa menjadi pembatas dan sekat antara ruang satu dan yang lainnya. 

  • Hemat energi 

Dengan menggunakan pintu geser kaca, maka pada siang hari rumah dapat mengurangi penggunaan cahaya lampu karena akan mendapat penerangan matahari yang tembus melalui pintu geser kaca. 

  • Desain 

Desain dari pintu geser bermacam-macam dan sangat variatif bisa di sesuaikan dengan konsep rumah dan selera dari pemilik rumah.

Nah itulah alasan mengapa pintu geser atau sliding door menjadi pilihan banyak orang saat ini walaupun tidak menampik pintu biasa tetap menjadi primadona. Apakah anda tertarik menggunakan sliding door untuk rumah anda?

Share Artikel ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on google
Google+
Share on whatsapp
WhatsApp
Arrow-up